1207 Mahasiswa Baru IAIN Lhokseumawe Ikuti PBAK

Lhokseumawe – Sebanyak 1207 mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019 yang terbagi kedalam empat Fakultas baru di lingkungan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), Kamis (9/8/2018) berlangsung di gedung auditorium kampus setempat.

Kegiatan bertemakan “Pengenalan dan Keakraban Mengantarkan Mahasiswa IAIN Lhokseumawe pada Pemahaman Islam yang Hanif dalam Menangkal Radikalisme.”

Dr. H. Hafifuddin, M. Ag, Rektor IAIN Lhokseumawe melalui Dr. Bastiar, MA selaku Wakil Rektor III Bagian Kemahasiswaan saat sambutannya mengatakan Perguruan Tinggi diharuskan menjadikan keaktifan, kecakapan mahasiswa dan harus siap untuk mengemban amanah untuk siap menjadi agen perubahan, tuturnya.

Dihadapan ribuan mahasiswa Rektor juga menjelaskan bagaimana PBAK dikemas dengan nuansa intelektual, cakap, cepat dan tanggap saat dibentuk kepribadiannya. “PBAK ini merupakan momentum awal sebagai salah satu instrumen awal sebagai pendekatan proses sosialisasi sebagai bagian awam dari bagian akademika,” ungkapnya.

Rektor juga berharap agar seluruh para mahasiswa baru supaya dapat mengikuti acara dengan serius dan bisa mengaplikasikan apa yang didapat saat memasuki perkuliahan nanti.

Sementara itu, Dr. Aziz Hakim, MH, selaku Kasi Pegabdian Masyarakat Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Saat membuka kegiatan menuturkan banyak orang-orang diluar sana menaruh secercah harapan kepada seluruh mahasiswa baru agar menjadikan proses di dunia akademika ini bisa menjadi bagian dari Indonesia yang hebat, tuturnya.

Kegiatan PBAK dibuka dengan ditandai dengan peusijuk (menepungtawari) mahasiswa baru serta penampilan ranup lamuan dan rapai geleng dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gesbika. Serta pelaksanaan kegiatan PBAK akan berlangsung selama dua hari, hari Kamis dan Jum’at (9-10/8/2018). (AR)