Dirjen Pendis Kemenag Isi Materi di IAIN Lhokseumawe

Lhokseumawe – Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama (Dirjen Pendis Kemenag) RI, Prof Dr Phil Kamaruddin Amin, mengisi workshop guna mensosialisasikan tentang penyusunan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe, Sabtu (21/7/2018). Kegiatan yang diikuti oleh civitas akademika dan mahasiswa berlangsung di aula lantai 3 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan (FTIK) kampus setempat.

Dalam kesempatan itu, Prof Dr PHIL Kamaruddin Amin mengutarakan tentang pengaruh Perguruan Tinggi terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM), “Perguruan tinggi harus bisa berkontribusi, mencari solusi dan melahirkan SDM yang punya kualitas demi terciptanya dan mencerdaskan genersi bangsa,” ungkapnya.

Perkembangan zaman menuntut siapapun harus menguasai perkembangan digital “Kita tidak bisa lagi menghindar tentang pengaruh dunia digital, mahasiswa tentunya harus tau bagaimana perkembangan digital karena kita berada di era milineal dengan berbagai tuntutan mengikuti perkembangan teknologi dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK),” tuturnya.

Proses belajar mengajar juga harus memiliki mutu dan kualitas, dengan memberi ilustrasi “anda boleh belajar mengajar di kampus Lhokseumawe, tetapi kualitasnya seperti kampus besar seperti UI, UGM dan lainya,” pintanya dihadapan peserta workshop. Ia juga menambahkan proses melahirkan mutu dan kualitas SDM tentunya dengan memiliki standar proses belajar mengajar nasional seperti keaktifan diri di dunia literatur dan memiliki kompetensi dasar belajar yang memadai, ungkapnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Lhokseumawe, Dr H Hafifuddin mengatakan “kehadiran Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof Dr Phil Kamaruddin Amin di kampus IAIN Lhokseumawe untuk kembali menjalin silaturrahmi dan memberikan materi untuk sosialisasi kurikulum KKNI,” ujar Rektor IAIN Lhokseumawe. (AR)

%d bloggers like this: