FEBI Laksanakan Raker Tahun 2019 di Hotel Swiss Bellin Medan

Medan – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Lhokseumawe mengadakan Rapat Kerja (Raker) Tahun 2019 di Hotel Swiss Bellin Medan dari Tanggal 24 – 27 Oktober 2019. Raker diikuti oleh 27 peserta dari dekanat, ketua jurusan, sekretaris jurusan, utusan jurusan, kepala laboratorium, kabag, kasubag, perwakilan senat, perwakilan biro, dan seluruh  karyawan yang ada di lingkungan FEBI. Adapun tema yang diusung dalam raker kali ini yaitu “Melalui Raker, Kita Tingkatkan Kualitas dan Layanan Menuju FEBI Unggul”.

Ada beberapa rangkaian acara  dalam raker, yaitu mulai dari pembukaan, materi raker, pembahasan program kerja, dan kegiatan pembangunan  karakter melalui outbond. Pembukaan raker dihadiri sekaligus dibuka oleh Rektor IAIN Lhokseumawe, Dr. H. Hafifuddin, M.Ag. Dalam sambutannya beliau sangat berharap untuk kemajuan FEBI ke depan. FEBI adalah salah satu fakultas yang semakin diminati ke depannya terutama setelah adanya penerapan Qanun No. 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah yang mewajibkan bagi lembaga keuangan konvensional di Aceh untuk mengkonversi ke lembaga keuangan syariah.

FEBI Laksanakan Raker Tahun 2019 di Hotel Swiss Bellin Medan

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan materi Raker. Materi Raker  disampaikan dalam 2 sesi. Sesi pertama, pemateri adalah Rektor IAIN Lhokseumawe, dengan materi: Strategi dan Kebijakan IAIN Lhokseumawe dalam Menghadapi Tantangan ke Depan. Rektor menyampaikan beberapa hal, diantaranya:

  1. Menyiapkan SDM, 50% dosen harus doktor,  mengirim doktor sesuai dengan kebutuhan, program post doctoral, setiap fakultas harus ada seorang p
  2. Penguatan manajerial dalam perencanaan, perencanaan harus melibatkan konsultan dari luar.
  3. Peningkatan penelitian dosen yang bertaraf nasional dan internasional, khusus dosen yang sudah doktor wajib menulis di jurnal terindeks scopus.

Sesi kedua, disampaikan Dekan FEBI, Dr. Iskandar, SHI, M.S.I, dengan materi: Strategi FEBI menjadi Fakultas Unggul. Tim Manajemen FEBI telah membuat sebuah Rencana Strategis (Renstra) FEBI sampai Tahun 2027, Renstra inilah yang akan menjadi acuan FEBI untuk membuat rencana kerja pada pada Tahun 2021.

Setelah Jumat Raker dilanjutkan sampai malam dengan pembahasan program kerja FEBI Tahun 2021. Komisi kerja dibagi ke dalam 3 kelompok, yaitu Komisi A, Membahas tentang Pendidikan, Pengajaran dan Penelitian. Komisi B mendiskusikan tentang Administrasi, Keuangan, Kepegawaian dan Rumah Tangga. Sedangkan Komisi C Membahas tentang Mahasiswa, Alumni, Kerjasama, dan Pengabdian Masyarakat.

FEBI Laksanakan Raker Tahun 2019 di Hotel Swiss Bellin Medan

Sebagai penutup acara raker, peserta dibawa ke Kampung Outbond Pancur Batu Medan pada Sabtu pagi hingga sore untuk mengikuti pembinaan karakter. Pembinaan karakter ini dimasukkan dalam rangkaian acara kegiatan Raker Tahun 2019 untuk memperkuat kekompakan tim kerja FEBI sehingga menghasilkan kinerja dan layanan FEBI yang unggul. Suasana outbond yang akrab tanpa perbedaan jabatan, hangat serta menggembirakan membuat seluruh peserta sangat menikmati acara ini dan tentu akan menjadi “mesiu” untuk memompa kinerja dan layanan terbaik ke depannya menuju FEBI Unggul.