UKM LEKISMA Al-Furqan

UKM LEKISMA Al-Furqan

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Keislaman Mahasiswa (LEKISMA) Al-Furqan merupakan sebuah organisasi keislaman yang ada di lingkungan kampus IAIN Lhokseumawe. Organisasi yang didirikan pada 18 Februari 2002 ini dulunya bernama Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Furqan. UKM LEKISMA Al-Furqan merupakan sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang dakwah Islam dan menjadi wadah bagi para mahasiswa/i dalam mengembangkan minat dan bakat di bidang keagamaan khususnya serta di bidang pengembangan diri umumnya. Di antara kegiatan-kegiatan  yang bersifat pengembangan diri adalah latihan kepemimpinan dan semisalnya. UKM LEKISMA AL-FURQAN IAIN Lhokseumawe memiliki visi yaitu bertujuan untuk menghimpun, mengembangkan, mengarahkan. dan membina segenap mahasiswa IAIN  Lhokseumawe khususnya dan mahasiswa yang  terdapat di Aceh pada umumnya dalam setiap gerak aktifitas yang bernafaskan ukhuwah islamiyah dengan visi keimanan, keikhlasan dan tanggung jawab bersama dalam usaha mewujudkan sebuah generasi rabbani yang mampu mengubah peradaban negeri.

UKM LEKISMA Al-Furqan 2a
UKM LEKISMA Al-Furqan 2a

Di antara kegiatan rutin yang dilakukan oleh UKM LEKISMA Al-Furqan adalah Halaqah atau liqa’ dan kajian keislaman yang rutin digelar setiap pekan nya. LEKISMA Al-Furqan juga rutin menyelenggarakan berbagai event di tingkat lokal sampai ke tingkat provinsi baik bersifat seminar maupun perlombaan. Diantara kegiatan-kegiatan yang telah direalisasikan oleh UKM LEKISMA Al-Furqan adalah Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) yang diikuti oleh LDK se kota Lhokseumawe, Pendidikan Ramadhan dan buka puasa bersama, Latihan Kepemimpinan dan Upgrading, Great Muslimah Training, Musabaqah Hifdhil Quran (MHQ), Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) dalam rangka Milad STAIN Malikussaleh Lhokseumawe serta Gebyar Berkah Ramadhan yang diikuti oleh sekolah dan pesantren se Kota Lhokseumawe, dan Kabupaten Aceh Utara. LEKISMA AL-Furqan juga mengadakan rihlah dan tafakkur alam serta  Jaulah ke Lembaga Dakwah Kampus lainnya yang ada di kota Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Selain itu UKM LEKISMA Al-Furqan juga rutin mengirimkan pengurus dan kader-kader terbaik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan dan acara-acara baik di tingkat lokal, daerah sampai ke tingkat Nasional. Diantaranya adalah Rapat Pimpinan Daerah (RAPIMDA), Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS), Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Daerah (FSLDKD), Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Nasional (FSLDKN), Pelatihan Manajemen Lembaga Dakwah Kampus (PMLDK), Training For Trainer, dan lain-lain.

UKM LEKISMA Al-Furqan
UKM LEKISMA Al-Furqan

UKM LEKISMA Al-Furqan memiliki organisasi di tingkat daerah sampai ke tingkat Nasional yaitu Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Aceh dan  Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Indonesia. Juga bergabung dalam persatuan LDK Se Badan Pembantu (BP) 2 yang beranggotakan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) yang berada wilayah Lhokseumawe dan Bireun.

UKM LEKISMA Al-Furqan dapat di akses di Website :

  • https://lekismaalfurqan.home.blog/
  • Email : lekismaalfurqan02@gmail.com
  • Instagram : lekisma.alfurqan_lsm
  • Facebook : Lekisma Al-Furqan Iain Lhokseumawe