UKM LPM Al-Kalam

UKM LPM Al-Kalam

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al – Kalam adalah salah satu lembaga pers mahasiswa yang berada di lingkungan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe. Lembaga yang berdiri pada tanggal 15 Mei 2005 ini, menjadi salah satu wadah guna mengembangkan minat dan bakat untuk mengekspresikan diri memberikan ide dan gagasan yang dituang dalam bentuk tulisan. Serta bergerak dibidang jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi, baik dalam bentuk tulisan, lisan, gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang berbeda.

UKM LPM Al-Kalam
UKM LPM Al-Kalam

Sejak awal berdirinya LPM AL-KALAM, organisasi ini telah berkomitmen mengusung semangat idealisme dalam rangka menyuarakan aspirasi rakyat (Mahasiswa) dalam format berpihak pada kebenaran, memberikan informasi bijak dan berimbang, mengawal kinerja penguasa, dan melindungi keutuhan demokrasi dengan menyediakan forum-forum opini publik, hal ini dijalakan oleh LPM AL-KALAM sejak berdiri sampai saat ini baik ruang lingkup kampus, tingkat daerah maupun nasional.

Untuk menambah amunisi baru, LPM AL-Kalam membuka penerimaan anggota baru disetiap tahun ajaran, serta tidak lupa dalam upaya meningkatkan kualitas jurnalis kampus anggotanya diberi pembekalan ilmu kepenulisan meliputi Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD), Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTLN) yang bisa diikuti di tingkat daerah maupun nasional, serta bebagai pelatihan lainnya. Saat ini, LPM AL-Kalam telah tergabung dalam wadah Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Aceh (FKPMA).

UKM LPM Al-Kalam
UKM LPM Al-Kalam

Seiring berkembangnya teknologi, LPM Al – Kalam mulai merambah kedunia cyber pada awal tahun 2016 dan saat ini LPM AL – Kalam bisa diakses melalui laman web www.lpmalkalam.com, facebook Lpm Alkalam, instagram @lpm_alkalam dan e-mail redaksi redaksi.lpmalkalam@gmail.com yang digagas oleh Reffhi Bahrizal, selaku pimpinan redaksi ditahun 2016. Selain itu, LPM Al – Kalam juga menerima berbagai kiriman tulisan dari para dosen dan mahasiswa meliputi tulisan artikel, opini, cerita pendek dan bentuk tulisan lain.