Mahasiswa IAIN Langsa, Studi Banding Ilmu Falak Ke IAIN Lhokseumawe

Mahasiswa IAIN Langsa, Studi Banding Ilmu Falak Ke IAIN Lhokseumawe

Lhokseumawe – Puluhan mahasiswa Hukum Keluarga Islam (HKI) IAIN Zawiyah Cot Kala, Langsa melakukan studi banding ke Fakultas Syariah, IAIN Lhokseumawe, Sabtu (13/4/29). Kunjungan tersebut dalam penguatan silaturrahmi sekaligus belajar ilmu falak

kedatangan mereka disambut langsung oleh Machzumi, M. Si. Plt selaku sekretaris jurusan Astronomi Islam. Saat sambutannya ia menyampaikan terimakasih telah berkunjung ke kampus IAIN Lhokseumawe.

“Saya sangat berterimakasih kepada semua mahasiswa yang telah berkunjung kesini. nantinya kita akan pelajari arah kiblat serta mempelajari 3 alat ukur mengukur arah kiblat. Yaitu, Mizwala, Qiblat Tracker dan Theodolite yang akan saya padu sendiri. Semoga apa yang baik dan bermanfaat dapat dibawa pulang ke kampusnya nanti,” jelasnya.

sementara itu, Ihsan Kamil Latif, M.H selaku dosen pembimbing Ilmu Falak di kampus IAIN Zawiyah Cot Kala, Langsa menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan mempelajari lebih lanjut mengenai ilmu falak, kunjungan ini merupakan realisasi dari mata kuliah ilmu falak II dengan materi praktik mengukur arah kiblat.

“Kami hari ini hadir melakukan praktik mengukur arah kiblat mengingat di kampus kami alat untuk mengukur arah kiblat masih belum tersedia,” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya merasa senang serta berharap dapat terus menjalin silaturrahmi ini dengan baik antara kedua pihak, pintanya.

Kegiatan pengukuran arah kiblat tersebut dilaksanakan di depan gedung laboratorium kampus setempat.