Pembinaan Character Building Di Kampung Outbound Pancur Batu Medan 

Pembinaan Character Building Di Kampung Outbound Pancur Batu Medan

Medan – Setelah selesai pelaksanaan Rapat Kerja (RaKer) di Hotel Swiss Belin Medan, peserta raker Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Lhokseumawe melanjutkan kegiatan pembinaan karakter, yang dilaksanakan di Kampung Outbound Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara.

Selesai sarapan pagi di hotel, peserta berangkat menuju Kampung Outbond di Pancur Batu dengan menumpang satu bus pariwista, dan sampai di tempat pada jam 09.30. outbound kali ini terasa sangat istimewa karena Rektor IAIN Lhokseumawe dan istri ikut serta. Outbound ini termasuk dalam rangkaian raker yang direncanakan oleh panitia, yang pada kesempatan kali ini panitia memilih “Dunia Outbond” sebagai Event Organiser acara ini.

Pembinaan Character Building Di Kampung Outbound Pancur Batu Medan

Kegiatan outbound diawali dengan ice breaking yaitu dengan melakukan senam fisik dan senam otak sebagai langkah pertama perkenalan sesama peserta dan instrukur outbound. Instruktur membagi peserta ke dalam tiga kelompok, masing-masing kelompok mempunyai seorang instruktur, instruktur tersebut yang mengkoordinir permainan dinamika kelompok.

Ada 4 game yang harus dilalui oleh setiap kelompok, yaitu: Building Piramid, Stik Tunnel, Double connection dan The Muse. Setiap permainan/game dinamika kelompok dinilai oleh team juri dari instruktur Kampong Outbound. Ke 4 game ini dinamakan dengan game objective, yang fungsinya untuk mewujudkan tim building.

Setelah istirahat dan makan siang dilanjutkan dengan pengumuman penghargaan kepada kelompok terbaik. Yel-yel terbaik jatuh kepada kelompok “Mae” yang diketuai oleh Wakil Dekan III, sedangkan Kelompok Terbaik I diperoleh oleh kelompok Mawar yang diketuai oleh Kabag TU.

Pembinaan Character Building Di Kampung Outbound Pancur Batu Medan

Suasana sangat menggembirakan karena para peserta outbound menanggalkan atribut jabatannya sama sekali, sehingga ketika permainan tidak ada lagi adanya unsur segan dan takut, semua sebagai peserta outbound. Peserta yang diwakili dari setiap kelompok juga di berikan kesempatan untuk menyampaikan testimoni di depan semua peserta dan memberikan “value”  dari setiap kegiatan. Semua senang dan semua peserta merasa fresh dengan kegiatan outbond ini.

Di akhir kegiatan, Event Organizer dari “Dunia Outbound Kita”, Bapak Ilham yang juga seorang psikolog menyampaikan filosofi yang diharapkan dari setiap permainan kelompok, sesuai dengan tujuan dari tema yang diusung oleh panitia untuk mewujudkan kesesuaian dalam bekerja (jabatan sebagai amanah), bekerja secara tim akan semakin mudah, selalu melakukan inovasi dalam bekerja, membentuk attitude/perilaku positif di manapun dan kapan pun. Sebagai closing statement Bapak Ilham menyampaikan “Leadership not posision but Leadership is Action”. Mari kita berkarya.